Proses Komunikasi Data Dalam Jaringan

Proses Komunikasi Data Dalam Jaringan


Assalmmualaikum Wr.Wb.

Diblog kali ini saya akan menjabarkan beberapa penjelasan tentang proses komunikasi data dalam jaringan, langsung saja baca penjelasannya dibawah ini selamat membaca semoga bermanfaat.


Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah suatu bentuk aturan dan metode yang menghubungkan (interkoneksi) berbagai macam device komputasi (sering disebut juga end node) sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain. Yang terdiri dari device komputasi media transmisi (channel komunikasi) untuk mentrasnmisikan sinyal data dan kontrol, komunikasi elektronik untuk routing/switching data dari sumber (source) ke tujuannya (destination) dan termasuk perangkat lunak yang digunakannya. Pengertian lainnyajJaringan komputer (jaringan) adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. 

Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Berdasarkan area kerja dan letak geografis jaringan komputer dibedakan menjadi (LAN, MAN, WAN). 

1. Local Area Network (LAN), merupakan Jaringan privat sebuah perusahaan yang terbatas hanya dalam area perusahaan / organisasi tersebut saja. Misalnya Jaringan yang ada dalam suatu ruangan atau dalam satu gedung / kampus / kantor. Areanya sekitar 100 M. Kebanyakan jaringan LAN sekarang mengadopsi teknologi IEEE 802.3. Contoh perangkatnya untuk masing-masing komputer harus terpasang Ethernet atau LAN Card dan terhubung ke sebuah device yaitu swicth. Standar kecepatan transfer data yang digunakan mulai dari 10 Mbps, 100 Mpbs, dan 1 Gbps.  



LAN juga sudah berkembang dengan menggunakan media lain selain kabel yaitu teknologi wireless atau yang biasa di kenal dengan istilah WLAN (Wireless LAN). Selain teknologi WLAN ini, muncul pula teknologi lain yang dikenal dengan istilah VLAN (Virtual LAN). Dengan menggunakan teknologi VLAN kita bisa membangun jaringan komputer tidak dibatasi oleh tempat dan area, bahkan antara cabang perusahaan / organisasi yang berbeda lokasi bisa terhubung kedalam jaringan LAN dengan adanya teknologi VLAN ini.  


2. Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya adalah Gabungan dari beberapa jaringan LAN dan ruang lingkupnya berada dalam satu lokasi / kota. Areanya bisa mencapai jarak 50 KM. Misalnya jaringan yang menghubungkan kantor dengan kantor atau gedung yang satu dengan gedung lain yang letaknya berjauhan tetapi masih berada dalam satu lokasi / kota. Teknologi yang biasa digunakan untuk membangun jaringan MAN antara lain ATM, FDDI, Metro Ethernet dan beberapa juga ada yang menggunakan wireless untuk koneksi antar gedung. 


3.Wide Area Network (WAN), merupakan jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara, antara negara bahkan antara benua. Gambaran dari WAN berbeda dengan internet, meskipun wilayah cakupan samasama luas. Komunikasi WAN masih bersifat Privat terbatas pada suatu organisasi / perusahaan sedangkan Internet bersifat Publik dan bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. 


Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya


1. Jaringan Client-Server 
Jaringan Client-server merupakan jaringan komputer yang didalamnya terdapat satu atau 
lebih komputer yang bertindak sebagai server dan menyediakan layanan ke setiap komputer client yang terhubung ke dalam jaringan tersebut. Komputer Client cukup mengakses komputer server untuk mendapatkan layanan melalu jaringan. Layanan yang disediakan oleh komputer server bisa berupa web dan database server, file server baik menggunakan FTP atau Samba dan layanan-layanan lain yang bisa diakses melalui jaringan. Oleh karena itu komputer server harus memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dibanding dengan komputer client seperti kapasitas Prosessor, Harddisk, memori dan sebagainya. 

2. Jaringan peer to peer 
Jaringan Peer to peer memungkinkan kita menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain tanpa perantara seperti switch. Dengan menggunakan media seperti kabel dan wireless, komputer yang satu dengan komputer yang lain bisa saling berkomunikasi dan berbagi sumber daya. 


Jaringan Komputer Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi/Data


1. Jaringan Terpusat, merupakan jaringan yang terdiri dari komputer client dan komputer server dimana client mengakses sumber informasi/data berupa file atau database yang berasal dari satu komputer server. 

2. Jaringan Terdistribusi, merupakan penggabungan dari beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan client membentuk sebuah sistem di dalam jaringan tersebut. 

Jaringan Komputer Berdasarkan Mediatransmisi





1. Jaringan kabel (Wired network), merupakan jaringan komputer yang media transmisinya berupa kabel yang menghubungkan semua komputer atau device kedalam jaringan. 

2. Jaringan Nirkabel (Wireless network), merupakan jaringan komputer yang media transmisinya berupa gelombang sebagai pengganti media transmisi kabel untuk menghubungkan komputer / device kedalam jaringan. 


Kategori Jaringan Komunikasi Berdasarkan Arsitektur dan Teknik


1. Switched Networks, yaitu; Circuitswitched networks, Packet-switched networks. 

Macam-macam Switched Networks. 
a) Circuit-switched networks: Proses komunikasi menggunakan model penyambungan secara terus menerus atau hubungan tetap (dedicated communications), contohnya komunikasi telepon.
b) Packetswitched networks: Informasi dikirim dalam bentuk potongan 
informasi yang lebih kecil dan tiap potongan dapat melalui jalur yang berbeda. Komunikasi tiap paket dilakukan dalam bentuk hubungan yang berbeda, sehingga secara keseluruhan komunikasi berbentuk hubungan tidak tetap (connectionless oriented), Contohnya komunikasi antara terminal dengan komputer atau antar computer Broadcast Communication Networks. Komunikasi tidak melalui node perantara, dimana setiap pemancar/penerima menggunakan media komunikasi secara bersamasama. Menggunakan media udara sebagai penghantar gelombang elektromagnet. 


2. Broadcast Networks, yaitu; Packet radio networks, Satellite networks, Local networks. Switched Communication Networks, data dikirim dari sumber ke tujuan melalui serangkaian node-node perantara. Node-node perantara hanya berperan dalam membentuk hubungan dan tidak berurusan dengan isi informasi yang dilewatkan. 


Perangkat Keras yang Dibutuhkan Untuk Membangun Sebuah Jaringan Komputer

1. File Servers 
Hasil gambar untuk file server
Sebuah file server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. 


2. Workstations
Gambar terkait
Keseluruhan komputer yang terhubung ke file server dalam jaringan disebut sebagai workstation. Sebuah workstation minimal mempunyai Kartu jaringan, Aplikasi jaringan (sofware jaringan), kabel untuk menghubungkan ke jaringan, biasanya sebuah workstation tidak begitu membutuhkan Floppy karena data yang ingin di simpan bisa dan dapat diletakkan di file server. 


3.Ethernet Card / Kartu Jaringan Ethernet 
Hasil gambar untuk ethernet card

Kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. 


4. Hub/Konsentrator 
Hasil gambar untuk hub
Sebuah perangkat yang menyatukan kabelkabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain.  

5. Switch 
Hasil gambar untuk switch
Sebuat perangkat yang memfilter dan meneruskan paket data antar segmen LAN. Switch beroperasi pada layer data link (layer 2) dan terkadang pada layer network (layer 3) untuk mensupport paket protocol. LAN yang menggunakan switch untuk menggabungkan beberapa segmen disebut switched LAN. 

6. Bridges / Jembatan 
Hasil gambar untuk bridges network

Sebuah perangkat yang membagi satu buah jaringan jaringan untuk kedalam dua buah jaringan, ini digunakan mendapatkan jaringan yang efisien, dimana kadang pertumbuhan network sangat cepat makanya di perlukan jembatan.  Diibaratkan bahwa Bridges ini seperti polisi lalu lintas yang mengatur di persimpangan jalan pada saat jam-jam sibuk. Dia mengatur agar informasi di antara kedua sisi network tetap jalan dengan baik dan teratur. 


7. Router 
Hasil gambar untuk router
Perangkat yang menghubungkan beberapa LAN. Router menggunakan header dan forwarding table untuk menentukan ke mana paket data dikirim, dan menggunakan protocol ICMP (Internet Control Message Protocol) untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi route terbaik di antara dua host. Router tidak memperhatikan tipe data yang dilewatkan. 

8. Connector 
Hasil gambar untuk connector
Terletak di ujung dari kabel yang digunakan untuk ditancapkan pada port atau interface untuk menghubungkan satu peralatan jaringan pada peralatan jaringan yang lain. Konektor selalu dibuat berpasangan yaitu male dan female. (pada konektor male terdapat pin, pada konektor female terdapat lubang tempat konektor male ditancapkan). 

9. Kabel 
Hasil gambar untuk kabel

Kabel digunakan untuk membuat koneksi fisik antar komputer pada jaringan komputer. Ada berbagai macam jenis dan tipe kabel yang dapat digunakan pada jaringan komputer yang masing-masing mempunyai karakteristik berbeda. 

10. Repeaters 
Hasil gambar untuk repeater
Repeater adalah piranti yang berfungsi untuk memperbaiki dan memperkuat sinyal atau isyarat yang melewatinya, Dua sub jaringan yang dilewatkan pada repeater memiliki protokol yang sama untuk semua lapisan. Repeater juga berfungsi untuk memperbesar batasan panjang satu segmen. Sehingga dapat digunakan untuk memperpanjang jangkauan jaringan. Penguat Sinyal data pada kabel jaringan. 



TATA CARA PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

Hasil gambar untuk tata cara penyambungan internet melalui isp
Setelah perangkat dasar untuk mengakses internet tersedia maka langkah selanjutnya adalah mendaftarkan ke internet service provider (ISP) terlebih dahulu agar mendapatkan software serta akses internet. ISP adalah perusahaan yang menyediakan layanan internet agar kita bisa terhubung ke jaringan komputer penyedia informasi.  Maka dari itu, kita perlu mendaftarkan diri dan berlangganan dengan akses internet ke ISP. Layanan yang diberikan ISP agar terhubung ke internet ada berbagai cara,  antara lain dial-up, digital subcriber line (DSL), internet Cable, satelit, wireless, leaserd line, dan kartu telepon seluler.
  1. Dial-up, merupakan koneksi komputer ke dalam jaringan melalui sebuah modem. Modem digunakan untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog telepon dan sebaliknya.
  2. Digital subcriber line (DSL) memberikan kecepatan akses inter untuk perorangna atau perusahaan.
  3. Internet Cable, akses internet dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut Cable modem, yang menghubungkan komputer dengan TV kabel.
  4. Satelit , akses internet dengan menyewa layanan satelit untuk koneksinya.
  5. Wireless, dikenal juga dengan menyewa layanan wi-fi (wireless fidelity), yaitu hubungan internet menggunakan frekuensi radio yang menggunakan alat yang disebut acces point.
  6. Leased, sama seperti dial-up, yaitu menggunakan koneksi telepon. Leased line digunakan untuk menghubungkan perusahaan yang terpisah secara geografis.
  7. Kartu telepon seluler, koneksi internet menggunakan kartu telepon seluler memanfaatkan teknologi general packet radio service (GPRS). Kartu telepon seluler ada dua jenis yaitu GSM ( global system for mobile communications, dan CDMA (code division multiple access.

1. INSTALASI KONEKSI

Agar dapat terhubung ke internet menggunakan akses dial-up line telepon, perlu adanya setting pada komputer. Cara yang dilakukan pada umumnya hampir sama pada setiap operasi sistem.

A.MEMASANG MODEM

Untuk melakukan koneksi ke internet dengan dial-up telepon, komputer harus dikonfigurasi. Konfigurasi software untuk komputer tunggal dengan sistem operasi windows meliputi instalasi driver modem dan dial-up networking

B. MELAKUKAN DIAL-UP

Setelah melakukan setting pada modem, selanjutnya kita dapat melakukan koneksi ISP tempat kita mendaftarkan diri, sebagai contoh PT telkom menggunakan koneksi ISP telkomnet. ISP tersebut merupakan salah satu ISP yang tidak perlu mengurus pendaftaran karena fasilitas akses internet diberikan kepada setiap pelanggan PT telkom.

2. BENTUK KONEKSI INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)

Internet service provider (isp )adalah sebuah perusahaan jasa layanan internet yang menyediakan koneksi internet dan layanan tambahan lainya, seperti TCP, modem dan dedicater connection. Jasa layanan online yang sudah dikenal adalah seperti :
  • -Microsoft network
  • -americans online (AOL)
Sedangkan jasa layanan yang terkenal di indonesia adalah telkomnet dari PT telkom dan layanan dari PT indosat.
Berikut berbagai jenis koneksi yang diberikan oleh ISP;
  1. TCP/IP connection: bila semua hardware dan software yang kita miliki ingin terkoneksi atau akses ke internet secara langsung, kita harus menggunakan transmission control protocol (TCP) atau internet protocol (IP).
  2. dial-up: bila kita menggunakan modem untuk dial-up ke ISP agar mendapat koneksi ke internet (login pasword) maka hal itu disebut akses dial-up.
  3. dedicater: bila kita ingin menggunakan akses online ke internet 1×24 jam, kita harus menggunakan koneksi leased line atau bisa juga menggunakan cable connection bila tempat kita dekat dengan ISP yang kita gunakan.







































  















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menginstall Debian 9 dengan Vmware

Konfigurasi FTP Server pada Debian 9