KONFIGURASI VOIP 2 SERVER MENGGUNAKAN TRIXBOX


KONFIGURASI VOIP 2 SERVER MENGGUNAKAN TRIXBOX






Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu mengecek ip address pada trixbox untuk mengakses trixbox menggunkan browser serta membuat password untuk user maint yang akan digunakan untuk login.

1.     Menuju server pertama login root dan masukkan password root nya dan cek ip addressnya dengan mengetikkan perintah ip add, disini ip yang digunakan yaitu 192.168.1.14/24.


2.  Kita menuju browser disini menggunakan chrome untuk mengakses trixbox nya buka google chrome, dan ketikkan ip address trixbox yang kita gunakan pada kolom pencarian yaitu 192.168.1.14. Ketik switch pada pojok kiri tampilan trixbox di broeser, lalu kita kembali lagi ke trixbox untuk membuat user maint dan kita buat dahulu password untuk user maint nya.


3.   Ketikkan perintah psswd-maint masukkan password baru sebanyak dua kali.


5.  Jika sudah kita kembali lagi ke chrome dan masukkan nama penggunanya dengan maint dan untuk passwordnya sesuai yang dibuat tadi, lalu klik log in kita tunggu sampai tampilan trixbox muncul pada trixbox.


6.  Selanjutnya kita konfigurasi server kedua yaitu dengan mengetikkan root  untuk login dan memasukkan passwordnya, dan cek ip addressnya disini ip nya 192.168.1.11/24 yang didapat dari dhcp dan satu network dengan server pertama.


7. Lalu buka chrome dan mengetikkan ip address pada kolom pencarian chrome yaitu 192.168.1.11. Klik switch pada pojok kiri tampilan trixbox, dan kita kembali lagi ke trixbox untuk membuat user maint dan juga membuat password untuk user maint nya.


9.  Ketikkan perintah psswd-mind masukkan password yang baru sebanyak dua kali, lalu kembali lagi ke chrome.


10. Dan masukkan maint untuk nama penggunanya dan masukkan juga password sesuai yang kita buat tadi, Tunggu sampai tampilan trixbox muncul.


Selanjutnya kita akan membuat dua Extentions pada masing-masing server, Extentionspertama untuk server yang satunya lagi untuk client.

1.   Menuju server trixbox pertama, kita masuk ke FreePBX,  Pada menu basic kita pilih Extentions untuk membuat extentionsnya, lalu pilih Add Extentions dan klik submit.



2. Kemudian masukkan untuk User extentionsnya 1111display namenya  trixbox1.


3. Selanjutnya untuk secret kita masukkan 1111.



 4. Berikutnya status voicmall & directory dan VmX Locater juga di enable kan, Jika sudah klik submit.


5.  5. Selanjutnya kita pilih Add Extentions lalu klik submit unutk membuat Extentions selanjutnya untuk client, masukkan User Extentions nya 12 dan untuk display name nya khomala.


6. Selanjutnya untuk secret kita masukkan 12.


 7. Berikutnya status voicmall & directory dan VmX Locater juga di enable kan, Jika sudah klik submit.


8. Maka kita sudah membuat dua Extension berbeda untuk server 1. 



9. Selanjutnya kita beralih pada server kedua , lalu masuk ke FreePBX untuk membuat Extentionsnya, pilih Add Extentions lalu klik submit.


10. Kemudian masukkan untuk User extentionsnya 2222display namenya  trixbox2.


11. Selanjutnya untuk secret kita masukkan 2222.



12.  Berikutnya status voicmall & directory dan VmX Locater juga di enable kan, Jika sudah klik submit.


 13. Selanjutnya kita pilih Add Extentions lalu klik submit unutk membuat Extentions selanjutnya untuk client, masukkan User Extentions nya 13 dan untuk Display name nya kurnia.


14. Selanjutnya untuk secret kita masukkan 13.



15. Berikutnya status voicmall & directory dan VmX Locater juga di enable kan, Jika sudah klik submit.


16. Maka kita sudah membuat dua Extension berbeda untuk server 2. 




Mengkonfigurasi Trunks dan Outbound Routes pada masing-masing server.

1.     Kita menuju server pertama pada menu basic kita pilih Trunks dan kita pilih Add SIP Trunk.



2.     Pada bagian Outbond Caller ID nya kita masukkan user Extention server yang kedua yaitu 2222, kita isikan pada Maximum channeis dengan angka 1.pada bagian Trunk namenya ketikkan trixbox1.

3.   Pada bagian Trunk namenya ketikkan trixbox1, dan pada bagian PEER Details kita masukkan untuk host nya ip address server yang kedua yaitu 192.168.1.14, dan masukkan juga username server kedua yaitu 2222, masukka secret 2222, lalu ke bawah pada bagian Register String kita masukkan 2222.2222@192.168.1.14 yang merupaka user dan display juga ip addres server kedua, jika sudah kita klik submit change.




4.   Selanjutnya kita beralih ke Outbond Routes, masukkan trixbox1 untuk Route Name nya dan pada dial patterns kita masukkan 87|. Lalu pada bagian trunk sequencenya kita masukkan SIP/trixbox1 jika sudah kita submit changes dan kita apply.



5.  Kita menuju server yang kedua pada menu basic kita pilih Trunks dan kita pilih Add SIP Trunk.



6.  Lalu lakukan hal yang seperti sebelumnya yaitu Pada bagian Outbond Caller ID nya kita masukkan user Extention server yang kedua yaitu 1111, kita isikan pada Maximum channeis dengan angka 1, pada bagian Trunk namenya ketikkan trixbox2.


 

7.   Pada bagian Trunk namenya ketikkan trixbox2, dan pada bagian PEER Details kita masukkan untuk host nya ip address server yang pertama yaitu 172.18.0.18. dan masukkan juga username server pertama yaitu 1111, masukka secret 1111, lalu ke bawah pada bagian Register String kita masukkan 1111.1111@172.18.0.18 yang merupaka user dan display juga ip addres server pertama, jika sudah kita klik submit change.




8.   Selanjutnya kita beralih ke Outbond Routes, masukkan trixbox2 untuk Route Name nya dan pada dial patterns kita masukkan 88|. Lalu pada bagian trunk sequencenya kita masukkan SIP/trixbox2 jika sudah kita submit dan kita apply.



Mengkonfigurasi client X-Lite di server masing-masing.

1.    Buka x-lite nya pada server pertama kemudian kita pilih setting SIP accounts User name nya 12, passwordnya 12, Authorization user namenya 12, dan masukkan ip pada kolom domain yaitu 192.168.1.11 jika sudah klik ok.


  
kita remove untuk akun lama lalu pilih Add dan masukkn untuk display name nya khomala,


     Lalu masukkan user name nya 12, passwordnya 12, Authorization user namenya 12, dan masukkan ip pada kolomdomain yaitu 192.168.1.11 jika sudah klik ok.


2.    Selanjutnya kita menuju server yang kedua, buka x-lite nya kemudian pilih setting SIP accounts kita remove untuk akun lama lalu pilih Add dan masukkn untuk display name nya kurnia, User name nya 13, passwordnya 13, Authorization user namenya 13, dan masukkan ip pada kolom domain yaitu 192.168.1.14 jika sudah klik ok.


Melakukan panggilan dan X-Lite client yang pertama ke x-lite client yang kedua.

1.    Kita masukkan area server kita dan masukkan nomor untuk server yang kedua yaitu 8713, maka pada server kedua akan masuk panggilannya dan panggilan telah berhasil.


2.    Kita lakukan hal yang sama pada server yang kedua untuk menelpon server pertama yaitu dengan mengetikkan 8812, Maka jika di lihat pada x-lite server pertama akan ada panggilan dan panggilan telah berhasil, dan konfigurasi TELAH SELESAI.



Sekian Terima Kasih..
Wassalammualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Komunikasi Data Dalam Jaringan

Cara Menginstall Debian 9 dengan Vmware

Konfigurasi FTP Server pada Debian 9