Konfigurasi Web Server Apache pada Debian9

Konfigurasi Web Server Apache pada Debian9



Manfaat:
-Memahami tentang cara konfigurasi Web Server Apache pada Debian9.
-Memperdalam pengetahuan tentang Debian.

Tujuan:
Dapat mengkonfigurasikan Web Server Apache pada Debian9.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:


-Virtual Box


- ISO Debian

Assalammualaikum Wr.Wb.
Pada blog kali ini saya akan menjabarkan tentang bagaimana cara dan langkah-langkah yang harus diperhatikan untuk mengkonfigurasikan Web Server Apache pada debian. Sebelumnya apa itu Web server? Web server merupakan perangkat lunak yang merespon permintaan (request) dari browser. Jadi web server mempunyai peran untuk menghubungkan antara user dengan server website.
Dan apa itu apache? Sama halnya web server pada umumnya, Apache adalah sebuah perangkat lunak web server yang menghubungkan antara server dengan user (browser). Jika Anda mengakses sebuah website melalui URL di browser kemudian muncul tampilan website, bisa jadi itu merupakan hasil kerja dari Apache.

Langkah - Langkah Konfigurasi

1. Sebelumnya pastikan kita sudah membuat DNS terlebih dahulu. Langkah pertama kita cek ip kita dengan mengetikkan perintah ifconfig.


2. Selanjutnya kita ketikkan perintah nano belajar untuk menambhakan konfigurasi webnya, dan ketikkan konfigurasi seperti gambar.


3. Jika sudah kita coba koneksi www nya dengan mengetikkan perintah ping www.kurniaptr.net.


4. Selanjutnya kita install apache2 untuk web server dengan mengetikkan perintah apt install apache2.


5. Kita masuk ke folder apache2 dengan perintah cd /etc/apache2/sites-available/ dan kita copy filenya dengan mengetikkan perintah cp 000-default.conf kurniaptr.conf.


6. Selanjutnya kita edit filenya dengan mengetikkan perintah nano kurniaptr.conf,  lalu kita edit filenya dengan menambahkan ServerName www.kurniaptr.net.



7. Setelah itu kita masuk ke folder /var/www/html/ dengan mengetikkan perintah cd /var/www/html/, selanjutnya kita akan mengedit file index.html fengan mengetikkan perintah
nano index.html.



8. Kita edit filenya sesuai kebutuhan kita.


9. Selanjutnya kita matikan folder 000-default.conf dengan mengetikkan perintah cd /etc/apache2/sites-available/ dan kita matikan file sitenya dengan mengetikkan perintah a2dissite 000-default.conf.


10. Kita akan aktifkan file web yang sudah dibuat sebelumnya dengan mengetikkan perintah a2ensite belajar.conf.


11. Jika sudah kita restart apache2 dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/apache2 restart. 


Pengujian

12. Untuk pengujian pada client kita arahkan ip address Web server kita ke kolom DNS dan ip address kita obtain saja, lalu klik OK.


13. Kita cek koneksi web server pada cmd dengan mengetikkan perintah ping www.kurniaptr.net dan kita lihat nslookup www.kurniaptr.net.


14. Kita bisa cek diweb browser dengan mengetikkan ip address 192.168.13.13 pada kolom pencarian, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.


15. Kita juga melakukan pengujian dengan memasukkan nama domain pada kolom pencarian www.kurniaptr.net.



Membuat dua Domain pada Web Server

16. Pertama kita akan menambahkan domain baru dengan mengetikkan perintah nano named.conf.local, lalu masukkan konfigurasi untuk domain baru seperti gambar dibawah, jika sudah kita save dan exit atau dengan perintah ctrl-x dan y.


17. Selanjutnya kita membuat file baru untuk domain yang baru dengan mengetkan perintah cp db.local kurniaptr  dan kita edit filenya dengan mengetikkan perintah nano kurniaptr.



18. Kita edit filenya seperti gambar dibawah dan jangan lupa untuk menambahkan subdomain www, jika sudah ctrl-x dan y.



19. Selanjutnya kita akan menambahkan domain baru di file db.13 dengan mengetikkan perintah nano 13 kita tambahkan domain seperti gambar di bawah jika sudah save dan exit (ctrl-x dan y).


20.  Setelah itu kita akan masuk dan edit di file resolv dengan mengetikkan  perintah
nano /etc/resolv.conf  tambahkan domain dan ip server seperti gambar dibawah ini, jika sudah save dan exit (ctrl-x dan y).


21. Selanjutnya kita restart bind9 nya agar konfigruasi berjalan dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/bind9 restart.



22. Kita lakukan pengujian DNS nya dengan mengetikan perintah nslookup kurniaptr.net (nama domain) dan nslookup putrikur.com ( nama domain kedua).


23. Jika sudah selanjtnya kita masuk ke directory apachenya dengan mengetikkan perintah cd /etc/apache2/sites-available dan kita edit file apache2nya dengan perintah nano kurniaptr.conf.


24. Kemudian kita akan konfigurasi pada file Apachenya dengan mengetikkan perintah
nano kurniaptr.conf lalu kita tambahkan ServerName www.putrikur.com (domain baru)  jika sudah save dan exit (ctrl-x dan y).


25. Selanjutnya kita restart Apache2nya agar konfigurasi berjalan dengan mengetikkan  perintah /etc/init.d/apache2 restart.



26. Kita lakukan uji coba di browser dengan mengetikkan nama domain kita yang pertama pada kolom pencarian yaitu www.kurniaptr.net.



27. Dan kita lakukan uji coba kembali di browser dengan mengetikkan  nama domain yang kedua pada kolom pencarian yaitu www.putrikur.com.



Konfigurasi Meletakan File pada Directory /var/ww/namadomain.html.

28. Langkah awal kita masuk ke directory /var/www/ dengan mengetikkan perintah cd /var/www/  
kita akan membuat folder dengan mengetikkan  perintah mkdir kurniaptr.html (namafolder).


29. Jika sudah kita copy file html yaitu index.html copy kan ke file folder tujuan yaitu /var/www/kurniaptr.html. dengan mengetikkan perintah cp index.html /var/www/kurniaptr.html.



30. Selanjutnya kita akan tentukan path Documentrootnya, kita masuk ke directory file apache2nya dengan mengetikkan perintah cd /etc/apache2/sites-available/ dan masuk ke filenya dengan mengetikkan perintah nano kurniaptr.conf  dan kita edit di bagian DocumentRootnya dan tentukan path sesuai yang akan kita konfigurasikan, jika sudah save dan exit (ctrl-x dan y).


31. Kita restart terlebih dahulu apache2nya agar konfigurasi berjalan dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/apache2 restart.



 32. Jika sudah kita lakukan pengujian pada browser dengan mengetikkan perintah www.kurniaptr.net.



Konfigurasi Script html dengan Marquee

33. Kita masuk ke tempat file html dengan mengetikkan perintah cd /var/www/html lalu kita akan edit filenya dengan mengetikkan perintah nano kurniaptr.html lalu kita scrool kebawah dan kita edit dengan menambhakan file marquee seperti dibawah ini, jika sudah save dan exit (ctrl-x dan y).



34. Kita restart apache2nya dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/apache2 restart.




35. Maka secara otomatis web nya akan bergerak.



Sekian Trimakasih..
Wassalmmualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Komunikasi Data Dalam Jaringan

Cara Menginstall Debian 9 dengan Vmware

Konfigurasi FTP Server pada Debian 9