Konfigurasi File Samba Server dengan Authenticate dan Anonymous User pada Debian

Konfigurasi Samba dengan Authenticate User



Assalmmualikum Wr.Wb.

Pada blog kali ini saya akan menjelaskan tentang cara dan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengkonfiurasikan samba dengan Authenticate user dan Anonymous user. Sebelumnya apa itu Samba? Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Langsung saja kita baca konfigurasinya dibawah ini.


Manfaat:
-Memahami tentang cara Konfigurasi File Samba Server dengan Authenticate dan Anonymous User    pada Debian.
-Memperdalam pengetahuan tentang Debian.

Tujuan:
Dapat mengkonfigurasikan File Samba Server dengan Authenticate dan Anonymous User pada Debian

Bahan yang dibutuhkan:

-Virtual Box




- ISO Debian

Langkah - Langkah Konfigurasi

1. Langkah pertama yang dilakukan yaitu kita install terlebih dahulu samba, dengan mengetikkan perintah apt install samba lalu ketikkan y.


2. Jika sudah diinstall selanjutnya kita backup terlebih dahulu konfigurasi file samba nya, dengan mengetikkan perintah cd /etc/samba lalu cp smb.conf  smb.conf.backup.


3. Setelah itu, kita rubah konfigurasi samba dengan mengetikkan perintah nano smb.conf lalu masukkn perintah seperti dibawah ini.

[kurniaptrsamba]
path = /home/samba/
valid users = kurniaptr
writeable = yes 
browsable = yes
guest ok = no

4. Selanjutnya kita tambahkan user untuk samba, dengan mengetikkan perintah useradd -m -d /home/samba kurniaptr




5. Jika sudah kita daftarkan user kurniaptr sebagai pengguna sambanya smbpasswa -a kurniaptr kita buat passwordnya masukkan dua kali untuk passwordnya.


6. Setelah itu kita coba cek apa ada kesalahan dalam konfigurasi smb.conf yang kita ubah, dengan mengetikkan perintah testparm.



7. Kita enter untuk melihat definisi service yang ada.


8. Selanjutnya kita buat akan membuat file, dengan mengetikkan perintah cd /etc/home/samba 
lalu touch file_ptr(nama filenya), ketikkan ls -l untuk melihat filenya.


9. Setelah itu kita restartsambanya dengan mengetikkan perintah /etc/init.d/samba restart.




10. Kita cek juga status sambanya dan pastikan sudah active dengan mengetikkan perintah  /etc/init.d/samba status.




Vrifikasi pada Debian

1. Untuk memverifikasi langkah pertama kita perlu menginstal smbclient dengan mengetikkan perintah apt install smbclient lalu ketikkan y.



2. Selanjutnya kita masuk ke samba server menggunakan user kurniaptr dengan mengetikkan perintah smbclient -U kurniaptr //192.168.1.13/kurniaptrsamba, lalu masukkan passwordnya lalu kita ls.


Verifikasi Windows 10

1. Untuk memverifikasi di windows 10 kita klik tombol windows=R pada keyboard kita kemudian ketikkan alamat \\192.168.1.13\kurniaptrsamba lalu klik ok.



2. Maka akan muncul pop up kita diminta unutk memasukkan username dan password yang sudah kita buat sebelumnya.



3. Jika berhasil maka file_ptr yang sudah kita buat akan muncul.




Konfigurasi Samba dengan Anonymous User


1. Langakah pertama kita install terlebih dahulu samba, dengan mengetikkan perintah  apt install samba lalu ketikkan y.



 2. Jika sudah diinstall selanjutnya kita backup terlebih dahulu konfigurasi file samba nya, dengan mengetikkan perintah cd /etc/samba lalu cp smb.conf  smb.conf.backup.



3. Selanjutnya kita merubah konfigurasi samba dengan mengetikkan perintah nano smb.conf, lalu masukkan perintah seperti dibawah ini.

[kurniaptrsamba]
path = /home/samba/anonymous
writeable = yes 
browsable = yes
guest ok = yes




4. Jika sudah selanjutnya kita buat folder untuk meletakkan file yang akan diakses pengguna anonymouse, dengan mengetikkan perintah mkdir -p /home/samba/anonymous.




5 Setelah itu kita coba cek apa ada kesalahan dalam konfigurasi smb.conf  yang kita ubah, dengan mengetikkan perintah testparm. 



6. Kita enter untuk melihat definisi service yang ada.


7. Selanjutnya kita buat file dalam folder anonymous, dengan mengetikkan perintah cd /home/samba/anonymous enter lalu touch WORKS.


Verifikasi Debian 

1. Untuk memverifikasi langkah pertama kita perlu menginstal smbclient dengan mengetikkan perintah apt install smbclient lalu ketikkan y.


2. Selanjutnya kita masuk ke samba server menggunakan user kurniaptr dengan mengetikkan perintah smbclient -U kurniaptr //192.168.1.13/kurniaptrsamba, lalu masukkan passwordnya lalu kita ls.



Verifikasi Windows 10

1. Untuk memverifikasi di windows 10 kita klik tombol windows=R pada keyboard kita kemudian ketikkan alamat \\192.168.1.13\kurniaptrsamba lalu klik ok.


2. Berbeda dengan Authentication user kita tidak diperintahkan untuk memasukkan username dan password, kita akan langsung masuk ke file samba.




Sekian, TerimaKasih.
Wassalammualaikum Wr.Wb.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Komunikasi Data Dalam Jaringan

Cara Menginstall Debian 9 dengan Vmware

Konfigurasi FTP Server pada Debian 9