Konfigurasi Zpanel pada Windows Server 2012


Assalammualaikum Wr.Wb.


Pada blog kali ini saya akan menjelaakan tentang Control Panel Hosting, Apa itu Control Panel Hosting? Control Panel Hosting adalah interface berbasis web yang disediakan oleh layanan web hosting yang memungkinkan pengguna untuk mengelola server dan layanan host mereka. Dalam pengertian lain, Control Panel Hosting adalah sebuah aplikasi yang dapat dijalankan melalui browser, yang berfungsi untuk mengatur hosting, seperti membuat atau mengelola database, menginstal website, membuat email, membuat sub domain atau add on domain, dan banyak fungsi lainnya.

Control Panel Hosting ada banyak sekali jenis yang bisa kita temukan pada aplikasi ini, salah satunya yaitu yang akan kita bahas disini ZPanel, ZPanel adalah webhosting control panel gratis dan lengkap untuk server berbasis Microsoft® Windows ™ dan POSIX (Linux, UNIX dan MacOSX). ZPanel ditulis dalam PHP dan menggunakan beberapa open source (atau tersedia secara bebas) paket perangkat lunak untuk menjadikan web hosting yang aman.

Manfaat:
-Memahami tentang cara Konfigurasi Zpanel pada Windows Server.
-Memperdalam pengetahuan tentang windows server 2012.

Tujuan:
Dapat mengkonfigurasikan Zpanel pada windows server 2012.

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:

-Virtual Box versi 6.0.6.




-ISO Windows Server 2012. 

-Zpanel Utilities.


Langkah - langkah Konfigurasi.

1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kita download Zpanel pada link berikut https://sourceforge.net/projects/zpanelcp/files/server_stack/10.0.2/ kita pilih zpanel_vcredist_64.exe.


2. Jika sudah di download kita jalankan mesinnya dengan mengkilk Run.


3. Selanjutnya kita klik next saja pada tampilan Welcome to the ZPanel.


4. Setelah itu kita klik Install untuk memulai proses installasinya.


5. Tunggu hingga proses installasi selesai maka akan muncul tampilan bahwa installalisasi sudah selesai kita klik Finish.


6. Selanjutnya kita kembali ke web download tadi https://sourceforge.net/projects/zpanelcp/files/server_stack/10.0.2/ dan kita download zpanel-stack-1_0_2_php53.exe.


7. Jika sudah di download kita jalankan mesinnya dengan mengkilk Run.


8. Selanjutnya kita klik next saja pada tampilan Welcome to the ZPanel.


9. Setelah itu kita klik Install untuk memulai proses installasinya.


10. Tunggu hingga proses installasi selesai maka akan muncul tampilan bahwa installalisasi sudah selesai kita klik Finish.


11. Jika sudah selanjutnya kita klik link https://github.com/zpanel/zpanelx/releases lalu kita klik pada tulisan Assets di bagaian 10.1.0. Dan kita download installer-10_1_0-win32.exe.


12. Setelah selesai mendownload kita jalankan installannya, lalu klik next pada tampilan Welcome to the ZPanelX Setup Wizard.


13. Pada tampilan License Agreement kita ceklistkan I accetp the agreement untuk menyetujui lisensi dan kita next saja melanjutkan installasinya.


14. Kemudian kita klik Install untuk mulai menginstall.


15. Tunggu proses installasinya, maka kita akan ditampilkan pada tampilan cmd, kita isikan Nama, Email Address, Domain kita dan password untuk ZAdmin kita nanti.


16. Kita tunggu lagi sebentar akan muncul tulisan Press any key to continue, kita klik enter atau apa saja terserah.


17. Jika proses installisasi selesai kita klik Finish.


Verifikasi

18. Untuk verifikasi kita buka web browser lalu kita masukkan alamat doamin kita nia.net lalu masukkan username dan password yang sebelumnya kita buat, lalu kita login.


19. Maka kita sudah berhasil masuk pada Zpanel sebagai admin.


20. Jika kita lupa password, username atau domain yang kita buat kita bisa melihatnya pada folder C:\zpanel\ pada File Explorer kemudian klik pada login_details .



Konfigurasi FTP Server Melalui Zpanel.

21. Jika sudah kalian scrool sampai bawah file management > FTP accounts kalian klik.


22. Lalu kalian buat user untuk FTP,  untuk user dan password kalian isi sesuai dengan yang tadi dibuat,Kemudian pilih Address type yang Full Access untuk membuat user yang memiliki akses penuh, lalu pilih obsi Set Master Home directory untuk men-link Home Directory dari user tersebut ke Direktori yang sudah ada, disini saya memilik directori root untuk master home directory-nya. Jika sudah maka klik Create.


23. Selanjutnya kita masuk ke ftp menggunakan broeser ketikkan ftp://nia.net nama domain kita, lalu masukan Username dan Password yang kita buat sebelumnya.


24. Dan kita bisa melihat ftp server kita sudah berhasil dan dapat diakses melalui browser.


25. Selanjutnya kita coba ftp melalui File Explorer, kita buka file explorer kemudian ketikan domain kita ftp://nia.net, kita masukkan Username dan Password lalu kita login.


26. Dan kita sudah juga sudah bisa mengakses ftp lewat file explorer.


27. Selanjutnya kita coba buat folder baru.


28. Pada pengujian di cmd, kita buka terlebih dahulu cmdnya, lalu kita ketikkan perintah berikut.

- ftp nia.net (Masukkan domain kita untuk masuk ke dalam FTP)
- Masukkan Username kita 
- Masukkan Passwordnya
- mkdir bisa (Kita coba membuat folder baru dengan nama bisa)
- ls (Untuk melihat isi dari FTP tersebut ) Pastikkan ada folder yang baru kita buat dan folder - Test yang dibuat melalui File Explorer
- quit (Untuk keluar dari FTP) 


Sekian Terima Kasih
Wassalammualaikum Wr.Wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses Komunikasi Data Dalam Jaringan

Cara Menginstall Debian 9 dengan Vmware

Konfigurasi FTP Server pada Debian 9